Inilah 6 Tips Penting Sebelum Anda Buka Kost

Hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka kos rumahan

Ini tidak cukup hanya untuk memberi makan ke pendapatan sumber tunggal. Anda membutuhkan pekerjaan sampingan untuk meningkatkan jumlah pendapatan. Misalnya dengan membuka usaha kos-kosan. Bisnis ini dapat dikelola tanpa mengganggu pekerjaan utama dan memberikan penghasilan pasif.

Modal untuk membuka kos-kosan pada dasarnya cukup besar karena harus memiliki rumah lain. Bahkan, tak jarang masyarakat membeli rumah baru menjadi kos-kosan. Oleh karena itu, pengusaha perlu merencanakan anggaran dan aspek lainnya sebaik mungkin agar bisnisnya tetap lancar. Jika tertarik, lihat dulu hal-hal di bawah ini sebelum membuka usaha kos agar tidak merugi.

tips membuka kos
tips membuka kos via dekoruma

Pilih lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis akan membuat kos-kosan Anda melihat banyak orang. Untuk memilihnya, pertama-tama identifikasi penghuni target. Apakah dia mahasiswa atau karyawan? Jika Anda menargetkan mahasiswa, pilih lokasi di dekat kampus. Sebaliknya, bagi karyawan memilih lokasi di dekat area kantor, seperti rumah di Jakarta Selatan. Semakin dekat lokasi kos- kosan, semakin baik.

Jika lokasi yang paling dekat dengan kampus dan kantor tidak tersedia atau lebih dari anggaran, Anda dapat mencari lokasi strategis lainnya. Di antaranya, lokasi tersebut dapat ditempuh dengan transportasi umum, penuh restoran, dan dekat pusat perbelanjaan.

Bersih, nyaman, dan aman yang penting

Setelah menemukan lokasi yang strategis, Anda perlu menyediakan kamar kos yang bagus. Kondisinya bersih, nyaman dan aman. Ketika ketiga aspek ini terisi, kamar kecil akan disukai oleh penyewa juga.

Baca juga:  25 Desain Toko dan Ruko Kecil Minimalis Paling Modern Terbaru 2021

Papan kebersihan dapat dipertahankan perekrutan asisten rumah tangga. Pastikan semua sudut kos-kosan secara teratur tersapu dan dipel. Untuk kenyamanan, berikan pencahayaan dan ventilasi udara yang baik di setiap kamar kos.

Sementara itu, untuk pengamanan bersama, lengkapi kos-kosan dengan CCTV.  Di era modern ini, konsep rumah pintar bisa diterapkan pada kos-kosan. Misalnya, setiap kamar dan pintu masuk menggunakan PIN atau sistem sidik jari. Pintu akan dikunci secara otomatis ketika ditinggalkan oleh penghuni. Hal ini tentu dapat mengurangi kejahatan.

Menyediakan fasilitas tambahan

Sehingga mereka bisa bersaing dengan kos-kosan lain, menyediakan fasilitas pembantu bagi penyewa. Di antaranya adalah Wi-Fi tanpa batas dan kencang, serta perabotan lengkap di dalam ruangan, seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi.

Ini juga dapat menyediakan layanan binatu di rumah untuk menghemat waktu penyewa dan mengurangi kehilangan pakaian. Kebutuhan akan makanan dan minuman juga harus ditinggalkan. Fasilitas dapur sederhana, galon air minum, atau akan diselenggarakan oleh penyewa.

Harga yang kompetitif

Harga sewa menjadi salah satu pertimbangan penyewa saat memilih kos-kosan. Untuk menentukan harga yang kompetitif, rajin mencari informasi terkait harga kos-kosan di lokasi yang sama. Jika perlu, bandingkan harga dengan fasilitas yang ditawarkan. Kos-kosan dengan kamar mandi pribadi dan AC, memiliki harga sewa yang lebih mahal dibandingkan dengan kos-kosan dengan kamar mandi outdoor dan kipas angin.

Promosikan dengan tepat

Kos-kosan yang didesain nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas berkualitas tidak akan terlihat oleh masyarakat tanpa promosi yang baik. Saat ini sudah banyak media yang bisa dipilih untuk mempromosikan kos-kosan, misalnya melalui media sosial, brosur atau lokasi properti.

Selain itu, buat penawaran menarik yang membantu penyewa dan pemilik pondok pesantren. Contoh yang paling umum adalah biaya sewa satu bulan gratis jika Anda membayar biaya sewa tahunan di muka.

Baca juga:  25 Desain Toko dan Ruko Kecil Minimalis Paling Modern Terbaru 2021

Surat perjanjian dengan penyewa

Seperti menyewa properti, surat perjanjian antara penyewa dan pemilik wisma adalah wajib. Ini untuk mencegah penyewa membahayakan Anda dengan lalai sebagai bos, dan sebaliknya. Beberapa hal yang akan di mencantumkan adalah kewajiban dan hak kedua belah pihak, pelanggaran sanksi, dan prosedur pembayaran.

Sekarang, apakah Anda siap untuk melakukan bisnis kos-kosan? Jangan lupa untuk mengunjungi halaman Dekorasi untuk menemukan inspirasi untuk desain kamar tidur yang akan dicintai calon penyewa, ya!

Baca juga: 5 kelebihan tinggal di perumahan mewah

About muhammadhuda

suka nulis tentang arsitek, hobi makan, jalan-jalan, dan blogging. jangan lupa follow sosmedku dibawah ya.

Check Also

desain toko dan ruko minimalis terbaru

25 Desain Toko dan Ruko Kecil Minimalis Paling Modern Terbaru 2021

6 Tips Mendesain Toko dan Ruko Kecil Minimalis Agar Terlihat Modern Banyak pemilik toko tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *